Powered By Blogger

Tuesday, May 1, 2012

Déjeuner ensemble au restaurant francais, Boka Buka :)

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Alhamdulillah... :) Setelah lama mengaku jadi penyuka negara Prancis, akhirnya kesampaian juga jadi orang Prancis sehari, alias makan makanan ala France. :D Jadi, hari ini aku bersama teman-teman jurusan bahasa Prancis 2011, diajak makan bersama oleh dosen di restoran Boka Buka di daerah Cipete. Dosen berharap kami setidaknya tahu dan pernah mencoba makan makanan Prancis.. Ils sont vraiment gentils :) Ada Mme. Asti, Mme. Amal, Mme. Yusi, Mlle. Ratna, Mlle. Marion et M. Subur.

Di sana selain makan siang bersama, kami juga melaksanakan Ujian Tengah Semester alias UTS Production Orale (berbicara). Kami memainkan drama secara berkelompok! Tentang 'Jacque Tarub' plesetan dari --> Jaka Tarub.Entah bagaimana nanti hasilnya, namun aku dan kelompokku telah berikhtiar untuk mendapat nilai yang baik. Aamiin

Siangnya, kami makan siang bersama. Kami dibagi menjadi beberapa grup, tableku ditemani oleh Mlle. Ratna :) Mlle.Ratna banyak bercerita dan berbagai pengalaman bersama kami, apalagi beliau sudah pernah ke Prancis dan menikmati berbagai hidangannya. Menu makan kami hari ini adalah...


L'entrée (Pembuka)nya adalah Salade verte aux petits croutons. Isinya ada mentimun, selada, apel, roti kering, dll. For me, its great!

O iya, sebelumnya kami disajikan irisan roti baguette bersama le beurre, mentega Prancis, namanya Elle et Vire kalau tidak salah. Nih dia gambarnya:


Selain itu (jujur-jujuran) ini kali pertamanya kan kami belajar (khususnya saya) makan pakai banyak garpu dan pisau, step-stepnya, apa yang pertama kali dipakai, dll... :)

Selanjutnya...

Le Plat Principal (Menu utama)nya kami langsung dibuat kenyaaaang oleh Steak Hache' de boeuf dengan Gratin dauphinois (yaitu kentang yang dislice bersama keju leleh) hmm... :D Namun jangan harap steaknya hangat, karena memang disajikannya dalam keadaan sudah dingin, namun dagingnya sungguh tidak melawan untuk dipotong. :) Cekidot:



Eitss... Kenyang??? JAngan berhenti dulu, karena masih ada...

Le Fromage (KEJU yang notabene wajib, kudu, ada.)

Namanya Camembert aux pommes et crakers, yaitu keju Camembert yang dipotong sebesar 36 derajat lingkaran (sotoi :D) lalu disajikan bersama apel dan biskuit.


Et Enfin... Dan Terakhir...

Le Dessert (Penutup)!!! Yaitu ada waffle yang disiram dengan sirup coklat dan dibubuhkan es krim vanilla di atasnya... hmm...
sayangnya aku lupa mencatat namanya. :D



Daaan, selesai. Alhamdulillah... Cukup diperut... :D

Kemudian minuman khas Prancis yang satu ini???


Sama sekali tidak disajikan ;) Alhamdu....lillah....:)

Sampai jumpa dipengalaman-pengalaman baru berikutnya. Tetap menulis! Salam pena!



2 comments:

  1. Assallammualaikum !!

    Aduhh Fakultas B.Perancis mah makanannya makanan Perancis euy , berbeda dgn Fakultas Psikologi mah T_T makannya ( Nasi , sayur Tahu, Gorengan Tempe, Krupuk, Aer Es ) Smuanya jd 6000 hahaha sampe apal tuh harganya , tiap hari makan itu xD..

    itu Kantin CCF mil ??

    Eh Mill !! di deket Aer Mancur Bogor, ada Pom Bensin, namanya itu " BONJOUR " Lho , trus kyk ada Restorannya gtu namanya jg " BONJOUR " kyknya makanan Perancis juga deh :D

    ReplyDelete
  2. Wa'alaikumussalam...

    itu lagi di resto Prancis, cuma sehari can, belajar mengenal makanan khas sana aja :D
    sehari-hari mah, pecinta warteuuuug :P
    Wah beneran??
    Boljug tuh!

    ReplyDelete