Powered By Blogger

Wednesday, June 15, 2016

Mengajar = Belajar

Bismillaah

Tiada profesi yang paling membuat nyaman selain guru dan menjadi seorang ibu. Setidaknya itu yang saya amati dan mulai rasakan. Saya tidak pernah menyangka akan menjadi seorang guru dimasa mendatang, saya sempat berpikir akan menjadi seorang wanita karier kala itu.

Kini kelas menjadi tempat akrab yang selalu dijalani, belajar menjadi sebaik-baik guru yang bukan hanya mentransfer ilmu tetapi membuat mereka mengerti dan bermanfaat bersama ilmu tersebut. Juga belajar menjadi seorang guru yang tidak melulu bicara ilmu dunia tetapi juga membentuk akhlak mereka, menjadi teladan baik bagi mereka.

Saya ingat benar tangga awal belajar menjadi seorang pengajar ketika menjadi mentor di sekolah hingga di kampus, dari sana saya menemukan titik terang bahwa Ya, amalan inilah yang menarik hati, berbagi ilmu ukhrawi dan duniawi, berlomba dalam kebaikan, menebar inspirasi, j'adore ça.

Meski ibu ayah sempat meragu, benarkah mengambil program bahasa? Benarkah bisa menjadi seorang guru? Namun akhirnya Allah juga yang menentukan jalan. Akhirnya saya sampai pada titik ini, sejengkal demi sejengkal. Menjadi manusia bermanfaat, teladan baik, dan inspiratif adalah passion terbesar yang mendominasi.

Teruntuk siswa/i tercinta, ilmu bahasa memang bukan segalanya, namun semoga ia kelak dapat memberimu manfaat. Bahasa prancis yang kau punya, menjadi jembatanmu dalam menggapai cita dan menaklukkan dunia, kelak, jadilah manusia bermanfaat ya. Je vous aime les enfants.

Guru bukanlah tempatnya segudang ilmu, sebenar-benarnya ilmu yang kita miliki tidaklah banyak. Saat  ilmu itu DIBAGI kepada yang lain, barulah di sana ilmu yang memang sebenarnya milik kita.

No comments:

Post a Comment