Powered By Blogger

Thursday, June 2, 2011

“Kenapa harus suka negara Perancis sih mil??? Udah tau negara sekuler dan hedonis.”

Pertanyaanku (yang mungkin juga pertanyaan orang banyak):

“Kenapa harus suka negara Perancis sih mil??? Udah tau negara sekuler (cinta dunia) dan hedonis (cinta kemewahan).”

Jawabku: “Well, c’mon people! don’t judge something from the negative side. Simak beberapa alasan mengapa saya menyukai negara tersebut, checkitout...”

 

Hmm, ada beberapa hal yang membuat saya menyukai negara tersebut. Tentunya bukan dari hal negatif, melainkan sisi positifnya yang menginspirasi. Pertama, dari segi bahasanya. Well, menurut saya bahasa Perancis termasuk sulit untuk dipelajari *lah kok suka*, namun...... karena hal itulah! saya menjadi semakin tertarik dan semakin penasaran untuk mempelajarinya. Kedua, saya lupa mendapatkan sumber darimana. Tapi seingat saya, saya membacanya di artikel dari internet, bahwa bahasa Perancis seharusnya menjadi bahasa dunia pertama! Namun karena kebanyakan dari para anggota PBB lebih menguasai bahasa Inggris, jadilah bahasa Inggris menempati peringkat pertama, dan peringkat kedua diisi oleh bahasa Perancis. Ketiga, kosa kata bahasa Inggris merupakan serapan dari bahasa Perancis, so otomatis lumayan banyak kosa kata yang sama tapi beda. Contoh: Dalam bahasa Perancis ‘LIBERTÉ’, dalam bahasa Inggris jadi ‘LIBERTY’. ‘FRATERNITÉ’ jadi ‘FRATERNITY’, atau ‘EGALITÉ’ jadi ‘ÉGALITY’, dll. Mirip bukan??? Keempat, mengenai Pronouncenya atau Pelafalannya, ngga mudah dan ngga gampil (baca: susah). Tapi UNIK dan MENARIK! Makanya saya jadi kepengen banget belajar bahasanya lebih jauh untuk bisa melafalkan setiap kosa katanya dengan baik, benar dan betul.............

Kelima, Perancis merupakan salah satu negara maju dalam segi IPTEK. Selama berabad-abad Perancis telah menjadi sumber inspirasi seni, musik, dan kesusastraan. Selama berabad-abad pula Perancis telah menjadi mata air bagi sejumlah besar pikiran besar dunia. Perancis merupakan negara yang dinamis dan merupakan teladan intelektual dan seni Eropa. Sebagai negara industri yang maju dengan penduduknya yang relatif muda. Keenam, dalam segi ekonomi, Sejak permulaan abad ke-20 terutama sejak Perang Dunia II , di Perancis telah terjadi pergeseran yang semakin cepat dari pertanian, perindustrian kecil dan tradisional ke unit-unit industri yang lebih besar dan termekanisasi. Perubahan besar ini telah menghasilkan ekonomi yang bervariasi dan salah satu yang paling sehat di Eropa. Ketujuh, dalam segi industrinya, Dalam industri dunia dewasa ini,sumber energi lain melengkapi atau mengganti batubara.Perancis memiliki banyak pembangkit listrik tenaga air dari pembendungan sejumlah besar sungainya yang mengalir deras. Sungai-sungai itu juga merupakan penyebab tumbuhnya industri tekstil Perancis. Kedelapan, tempat-tempat yang menarik. Perancis dan Indonesia sama-sama kaya akan karya manusia dan tempat indah, sehingga baik orang Perancis maupun wisatawan dapat menyaksikan seluruh pemandangan sejarah yang tersebar di seluruh negeri. Kesembilan, mengenai perencanaan lingkungan, katanya orang Perancis akan merasa sangat sedih bila industrialisasi dan kemajuan merusak tanah mereka. Oleh karena itu, pemerintah dan industri telah bekerja sama dalam usaha memelihara keindahan asli negara dan warisan masa lampau. Terakhir, Kesepuluh, the last but not least mengenai PENDIDIKAN. Di mana salah satu pengaruh yang paling kuat dalam pembentukan bangsa Prancis adalah PENDIDIKAN. Dewasa ini, sekolah Perancis sedang memainkan peranan penting dalam mengubah bangsa Perancis menjadi masyarakat modern. Banyak sekolah gratis di sana *ngiri*, juga banyak beasiswa gratis di sana. Baik untuk masyarakat dalam negeri maupun yang diluar negerinya. Bebas mengenyam pendidikan alias Liberté D’éducation!!!

 

Lihat??? Saya tidak lagi membahas menara Eiffel kan? He he, takut pada bosen.... ^^v

Intinya banyak loh hal Positif dari negara tersebut yang bisa kita ambil hikmahnya dan kita aplikasikan di negara tercinta ini. Negara INDONESIA!

Oia, mau ngebahas sedikit nih, PERBEDAAN antara Perancis dan Prancis. Sebenarnya setiap mau nulis nama negara tersebut agak ragu, tapi pas baca2 dibeberapa artikel, memang ada dua penulisan nama negara tersebut di Indonesia. Kalo saya pribadi prefer ke ‘Perancis’, soalnya ada dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Sedangkan ‘Prancis’ memang hanya mirip dalam segi pelafalan, seperti, France, French, dan Prancis (tidak ada huruf vokal setelah huruf konsonan pertama). Well, it’s all up to you bro and sist ;)

Only share... hmmm... it’s time to rest by the way, let’s take some break! See ya, insha Allah.

 

 

29 comments:

  1. semangKA milk-ei!!!
    di samping mempelajari perancis dan segala keindahan yang ada di dalamnya, terutama seni bahasanya, jangan lupa belajar bahasa arab yaaa. karena, kalau kita belajar bahasa arab kita dapet nilai plus dari Allah. sebab kita sudah berusaha, untuk mempelajari bahasa yang paling Allah cintai Allah.

    sekarang aku dong milka, akuuuuuuuuuuuuuuuu
    kenapa aku suka perancis??? ya itu dia, berawal dari bahasanya yang aneh, rumit, unik dan lucuuuu
    jarang ada yang bisa. jadi kalo di keluarga, aku suka pamer gitu miiiilll... si ceu lina itu paling seneng waktu aku ngomong common cava? cava bient. merci :D*maaf kalo ada salah penulisan.

    ayyub, ayyub tau 'terimakasih' dalam bahasa perancis ngga?
    -ngga tau.
    ceuceu tau dong......
    -apa?
    merci(iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii)
    -ceuceu bisa berapa bahasa sih?!!
    hahaha padahal aku cuma tau beberapa kalimat aja mil, dalam bahsa perancis. ayyubnya aja yang ga tau-eun kenyataannya. dan aku sudah pamer bahasa arab, inggris, jepang, dan jerman ditambah perancis ke dia. padahal cuma kata "terimakasih" duangan mil. ckckck... anak sd... kelas 2 pula.

    nah, tapi sayangnya aku ga lanjut lagi kan beljar bahasa perancisnya T_T tapi ka-ceu luceng (ka aceng dan ceu lulu) bisa loh milka, alhamdulillah :D
    nanti aku belajar deh.. terus kita ntar sepak sepik yaaaaak....

    selain itu, aku cinta perancis juga karena madame itu baiiiiiiiiiiiiik bingit(mimil mode on) banjeeeeeeeeet (fadel mode on) jadi aku makin suka deh. padahal nilai aku jelek., haha. abis ulangannya dadakan :(

    -sementara- terakhir
    waktu kelas x di kelas BePer, yang di atas tea, aku termasuk orang yang pertama2 maju ke depan buat explain ttg perancis loh milkaaaaaaa ^^#pamer padahal maju doang. haha

    okelah milkaaa keep ngeblooog :)
    salam utk mama dan uni citraa^^

    ReplyDelete
  2. MELON MIL !! Semangka udh d pake ama Isma huwahahaha ...

    kenapa suka Perancis ?? Karna di Perancis ada Menara Eifel,ada Escargot,ada Piere Lapointe ,ada Melanie Laurent,ada Sungai Seine

    kenapa suka Perancis ?? karna aku udh nonton Film Le Grand Voyage,Le Concert,Monsieur Ibrahim,Je Vais bien ne t'en fais pas,De battre mon coeur s'est arrêté,Paris Ekspress,Le raffle,Paris,Les Enfants de timpelbach.

    kenapa suka Perancis ?? Karna saya enggak ngerti mereka ngomong apa,makannya saya pengen tau kalo mereka ngobrol make bahasa perancis tuh gimana,saya cuman tau "JE SUIS LE PLUS BEAU DE QUARTIRE" Hahahhaha

    Kenapa Suka Perancis ?? karna saya di hasut oleh kedua teman saya ,yang pertama oleh PRASETYO HARNO** DAN MILKA ANGG** (maaf nama di samarkan )

    sejak di hasut itu saya menjadi suka Perancis...HWUAHAHAHAHAHAH

    ReplyDelete
  3. ANGGUR MIL!!!!

    kebaca itu..... Prasetyo Har**wo kan????? dan Milka A**gun kan?????

    itu kayaknya pelem seru semua tu farisan??? kalo Le Grand Voyage pernah nontooon*ga norak2 amat alhamdulillah!!!

    saya ga tau di perancis ada apa lagi selain eiffel. karena sudah 2 kali saya dapet gantungan kunci bentuknya eiffel semua -,- yang paling baru 3 mingguan lalu.. menara eiffel dan bentuk lopenya isi cermin sama pas foto. so sweet banget ituuuuu... hehehe

    kalian nanti berikan yang lain ya nak! atau ga, air sungai seine boleh farisan, ntar saya kasih buaya sungai nil#hahah bohong banget

    ReplyDelete
  4. Huwahahaha.....Miruka Sensei jualan Buah-Buahan ... :p

    wahhh padahal udh di samarin nama2nya tapi masih bisa ketebak..ahhahaha :p

    Seru banget !! apa lagi Le Concert !! wahh itu film Is The Best !

    heheh Di Prancis masih banyak bnget tmpat2 Wisatanya lhoo...kalo gantungan Kunci emng kbanyakan bntuk Eiffel,coba aja bayangin kalo Sungai Seine di bikin gantungan Kunci gmana bentuknya :p

    ahhaha entar di bawain Oleh2 Escargot buat Isma...ahahhah :p

    ReplyDelete
  5. jadi penasaran sama film2nya.

    Escargot=bekicooooot...
    yang lain deeeh farisaan#dikasih nawar lagi :P
    kira2 kapan ya, oleh2nya itu ada? kita udah mikir ke mana2 euy. jadi enak! hehehehe

    *mintaa maaf ah sama yang punya nyoret2 blognya... :D

    ReplyDelete
  6. *ngakak* :D sense of humour kalian patut diacungi 1 jempol! Dan 1 jempol lagi, buat opini kalian. Jadi TWO thumbs up! *jempol tangan loh*

    ReplyDelete
  7. oke bahasa yg paling Allah cintai juga harus jadi prioritas ya... Tp karena aku belum dpt gurunya jadi blm bisa fokus betul...
    Isma HARUS ajarin aku :)

    ReplyDelete
  8. hwuahaha....Trnyata sy pnya Sense Of Humor jg yah..ahahaha pdahal saya orangnya selalu Serius lho (o_o) hahahha

    Ayoo kita Pelajari Semua Bahasa Di Dunia !!!

    ReplyDelete
  9. insyaAllah :D
    siaplah, selama aku bisa mil! barter boleh lah kita ;)

    ReplyDelete
  10. sumpeeeeeeeeeh? banyak loh farisaaaan. hahaha
    bahasa indonesia aja ada 300 ratusan yak kalo ga salah?

    tapi, no fears lah. insyaAllah :)

    ntar pas udah gede kita buka sekolah aja yuuu?
    sampingannya, lumanyun loh... milka sama farisan jangan rebutan tapi jadi guru perancisnya.
    eh coba deh bayangin(hmmm) asik yak.. :D

    ReplyDelete
  11. iya, ayo sharing bahasaaaa. kamu basa Arab, aku basa Indo aja, he heh
    bismillah...
    impianku, impianmu, dan impian banyak kawan! *buka sekolah gretong*
    :D smoga tergapai. Amiin.. Farisan jd guru seni musik, guru lawak, apa gak guru MATEMATIKA aja ya :D

    ismaaa cara ngetag post-an aku gmn pas kmu reply komeng? bagi ilmu is... :D

    ReplyDelete
  12. hahahahaa

    sepakat aku mil.
    yang diomonginnya mau ga yaaa :D

    ReplyDelete
  13. di komentar aku, kamu klik reply terus, kamu block tulisan aku yang pengen kamu jawab, kayak aku di atas.. ngeblock "ismaaa dll" kemudian, jangan duli disubmit, klik quote original message(yg ada di bagian bawah komentar, di atas submit) baru klik submit. tapiii... kalo kamu pengen nge reply semuanya, ga usah pake bold2an, tinggal kamu klik reply komen aku, udah gitu klik quote original :)
    selamat mencobaaaaa ^^^^

    ReplyDelete
  14. hahahhaha ......sy mah g bsa ngelawak (Muka saya aja garang (o_ox) ) nahh kalo guru Matematika bolehh tuh...HUHWAHAHHA Ksian amat ntar muridnya klo ak jd guru MTK ... hahaha

    ReplyDelete
  15. hah ?? Bahasa Indonesia ada 300 ??? prasaan bahasa Indonesia cmn ada 1 , kalo bahasa yang ada di Indonesia baru banyak ,mulai dari Sunda,batak,jawa,betawi,dll :p

    ReplyDelete
  16. tuh kan nglawak -,-
    hhaahaha

    iya dah.. jadi guru bahasa indonesia aja kalo gitu san :D
    lucu kali ye, ngebayangin farisan ngajar anak sd :P
    kalo saya emang lucu, ga pake kali2an..
    *hayoo dilarang syirik.. ntar musyrik

    ReplyDelete
  17. Hahahahha..........kalo sy jd guru b indonesia Sd boleh jg tuh,setiap hari ntar kerjaannya pasti "ANAK - ANAK !!! HARI INI BIKIN MIND MAPPING BAB 1 !! " udh gitu saya langsung pergi Ke Kantor buat ngadem , 5 menit sebelum waktunya abis sy balik lagi ke Kelas " GMANA ANAK2 MIND MAPPINGNYA UDH SELESAI ??? KALO BELOM SELESAIKAN DI PERTEMUAN SELANJUTNYA" HAHAHAHA ! :P

    HAHAHA isma lucuny g make kali2an tapi make Kurang2an ,jd semakin lama lucunya smakin brkurang :p

    ReplyDelete
  18. huakakakak..

    pahlawan tanpa tanda jasa jaman ntar -,-
    untung cuma bercanda kan? apa mau beneran???? waduuuh... mau juga dong saya! hahah#bletak!

    oh iya, meningan pake kali2an yak?
    eh gapapa tau farisan, pake kurung2an... dikerjakan lebih dulu=harus diutamakan=menarik=lucu yang utama=beneran lucu!!*maksa.

    ReplyDelete
  19. milka... farisan nih yang bikin kotor blognya#ga mau disalahin. hehehe

    aku cuma nyontohin dan nambah2in aja :P

    ReplyDelete
  20. Huwahahha...itu Pahlawan yang sangat berjasa ...
    guru yang baik itu guru yang jarang ngasih tugas susah2 trus EasyGoing,tapi bisa ngebuat anaknya Pinter..itu namanya Guru yang baik hahahah

    Isma duluan mil yang Comment pertama .... aku d sni hanya menambah ramai blognya,kan jarang2 Blog yang Commentnya Rusuh ky bgini....hahahah

    ReplyDelete
  21. a ha ha hah #baru muncul#
    santay aja lagih :) argonya udah jalan dari pertama isma komeng :D tp buat isma aku kasih diskon, soalnya besok milad, yg miladnya bukan besok argonya gak pake diskon, tapi malah tambah :p wekekekekek boleh jg nih MP jadi ladang bisnis

    ReplyDelete
  22. hahaha...sy ultahnya udh lewat ..tapi Milka blm ngasih kado,jadi kadonya di kasihnya skrng yah...HWUAHAHAHA :p

    ReplyDelete
  23. aih nama aku disebut2

    aih milad aku disebut2

    aih... jadi ga enak

    aduaduaduaduuu gimana dooong... jadi malu#gubrakdotkom.

    kalo milka kasih aku diskon.
    yang itu ngasih apa ya mil?
    -yang mana?
    yang itu tuuuh... yang di bawah ini loooh... hahaha

    ReplyDelete
  24. ngeselin :P

    yang namanya farisan itu loh san.. tau kan?

    ReplyDelete
  25. oh....si Farisan ...untung nama saya FarisanHwang.....Hwuahahaha :p

    ReplyDelete
  26. kado dari milka udah dateng euy..

    dari yang ini belom yak..
    hahaha

    ReplyDelete
  27. huwahhahah...........

    mau kado apa ??? tinggal bilang

    mau yang harganya Semahal Chiki ??
    apa mau yang harganya semurah Permen Sugus ???
    tinggal bilang aja...Hahahahahhaha :p

    ReplyDelete