Powered By Blogger

Tuesday, November 1, 2011

Gigi Bungsukah Ini?

Senat-senuut yaa Allah :(
Mau makan aja susah, masyaAllah kalo udah begini rasa syukur ketika mulut bisa mengunyah makanan baru hadir.. Udah umur segini masih harus tumbuh gigi -_-' kodrat memang. Yaa Allah, ngapa tiba-tiba badan jadi ga enak, tidur jadi ga nyaman, makan susah betul, gigi senat-senut padahal ga bolong, gusi bengkak. Saking nyerinya diri ini sampe ngucap dua kalimat syahadat. Kali aja umurku hanya sampai di 17 ini.. #lebaay. Tapi ternyata nyeri itu akibat dari datangnya pendatang baru :) Semoga mereka (para gigi) tidak terlalu menyusahkanku. Keep smiiile :)

FYI:
Apa memang harus sakit?
Kebanyakan memang terasa
sakit. Mari kita bersama-
sama menelusuri jejak
langkah si bungsu yang
selalu dipermasalahkan ini.
Pertumbuhan atau kemunculan gigi bungsu yang dalam dunia kedokteran gigi sering disebut dengan Dens Molaris Inferior Tertius atau Molar Ketiga ini memang kerap memberikan rasa sakit yang sangat menggangu aktivitas kita. Beberapa dari kita mungkin kurang paham akan gigi bungsu ini. Mungkin saya dapat menjelaskan sedikit mengenai gigi bungsu ini.
Gigi bungsu adalah gigi geraham ketiga yang muncul pada usia sekitar 18-20 tahun.
Gigi bungsu termasuk dalam kategori struktur vestigial, yaitu struktur yang fungsi awalnya menjadi hilang atau berkurang sejalan dengan evolusi. Banyak ahli berpendapat bahwa perubahan jenis makanan pada manusia modern dari mentah menjadi dimasak membuat makanan lebih lunak. Selain itu, pemeliharaan gigi modern mengalami kemajuan pesat. Akibatnya kerusakan pada gigi berkurang. Kehadiran gigi bungsu yang diperkirakan dapat membantu bila ada geraham lain yang tanggal menjadi tidak berguna, malah pada kebanyakan orang menjadi masalah. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan gigi mengalami impaksi. Karena jaringan sekitarnya yang terlalu padat, adanya retensi gigi susu yang berlebihan, tanggalnya gigi susu terlalu awal. Bisa juga karena tidak adanya tempat untuk erupsi. Rahang "kesempitan" gara-gara pertumbuhan tulang rahang kurang sempurna. Ada teori lain. Pertumbuhan rahang dan gigi mempunyai tendensi bergerak maju ke arah depan.

Kesehatangigi.blogspot.com

Semoga sehat-sehat saja ya gigiku :D
Aamiin

5 comments:

  1. takut mbaa :(
    moga gigiku ga knp2 mbaa :'(

    ReplyDelete
  2. kenapa? dokter gigi bnyk yg cakep2 lho *gubrak*
    paling dirontgen dulu biar tahu arah pertumbuhan giginya. mungkin ada yg mentok, jadi sakit.
    yg tabah yah. aku dulu jg sakit waktu tumbuh gigi bungsu, bahkan sampe gak bisa senyum sama sekali hehehe :D

    ReplyDelete
  3. haha :D
    iya mbaa :)
    merci beaucoup!
    Aku jg jd susah senyum tapi tipe mukaku jutek lg mba, gimana ini kalo aku gak paksain senyum bisa gaswat :D

    ReplyDelete
  4. nah, makanya setuju kan klo ke dokter dulu aja *teteup*

    ReplyDelete