Powered By Blogger

Sunday, April 14, 2013

"Apa kebermanfaatan dirimu hari ini ?"

Bismillah.


Jangan pernah mengaku menjadi yang paling baik
Jangan pernah merasa menjadi orang yang paling cerdas
Jangan pernah menganggap bahwa kita adalah orang yang paling kuat, paling hebat
Kita hanya robot, sedang Allah-lah profesornya
Sudahkah kita memenuhi segala kewajiban kita sebagai ciptaanNya, ketika Allah saja sudah mencukupi hak-hak kita berupa nafas, kesehatan, materi, kebahagiaan, sekalipun ujian yang menyakitkan, itu juga termasuk hak kita dalam upaya pendewasaan dan pengembangan diri.
Lalu apa yang sudah kita perbuat untuk Allah hari ini ?
Mengapa ucapan, perintah manusialah yang masih saja lebih kita utamakan ?
Pandangan, penilaian manusialah yang paling kita harapkan ?
Ternyata masih banyak yang harus sama-sama kita benahi. 

Benarlah tiada akhlak yang paling mulia, tiada ketaatan yang paling sempurna pada Allah, tiada cinta yang besar pada ummat, selain akhlak, ketaatan, dan cinta Rasulullah Saw. Malu sekali diri ini ketika berkaca padanya, pada akhlak, iman, ketaatannya. Jabatan, label, gelar, ketenaran bukanlah hal yang patut dibanggakannya. Tapi sudah seberapa bermanfaatkah kita dimata Allah dan  juga ummat manusia, mencegah yang bathil dan menyeru pada kebaikan. Itulah yang utama baginya.

Allah menciptakan kita bukan untuk menjadi orang yang sia-sia, mari bergerak! Mari kita menjadi makhluk berakal yang bermanfaat, semampu-mampunya kita (baca: totalitas). Hari ini kita berbuat baik karena Allah-lah yang memerintah kita untuk menyeru pada kebaikan, kita meninggalkan kemaksiatan karena Allah-lah yang meminta kita mencegah yang bathil, kita mencintai sesama manusia karena Allah menanamkan kasih sayang dalam hati kita, kita bergerak bersama-bersatupadu-berjama'ah karena Allah mencintai manusia yang bergerak untuk kebaikan dengan barisan yang rapi seperti bangunan yang kokoh, kita menuntut ilmu yang bermanfaat karena Allah menciptakan 'akal' spesial hanya untuk manusia, kita berubah menjadi manusia yang baik karena Allah tidak akan merubah akhlak kita sebelum kita yang memulainya, bukankah terasa indah ketika kita melakukan itu semua KARENA ALLAH, bukan karena alasan lain.

Tidak ada orang yang paling hebat hari ini, lebih cerdas, lebih militan, atau bahkan lebih bermanfaat jika disandingkan dengan Rasulullah Saw dan para sahabat. Kita sedang tidak berfilsafat, Allah bukanlah sesuatu yang perlu dikaji secara ontologi, epistemologi, aksiologi, dsb. Sungguh Allah adalah Pencipta yang Nyata, Profesor yang Luarbiasa, sedang kita hanyalah ciptaanNya yang lemah tanpaNya. Kita memang hanya manusia biasa, namun kita mempunyai kesempatan yang sama untuk berlomba menjadi yang luarbiasa dihadapanNya. Maka mari penuhi segala kewajiban kita sebagai ciptaanNya.

Dua hari ini banyak bertemu dengan mereka yang menginspirasi, al-madani, asy-syuhada, pendawa, citayam. Allah ingin saya banyak belajar dua hari ini, banyak instropeksi dua hari ini. Seputar "Apa kebermanfaatan dirimu hari ini ?"

No comments:

Post a Comment