Powered By Blogger

Wednesday, October 26, 2011

Ta'aruf dengan Bahasa Prancis yuk.

Tak kenal, maka tak sayang…

Mau kenal, maka ta’aruf…

            Sebelum mempelajari bahasa ini, ada baiknya kita tilik dulu awal mula sejarahnya :) Yuk mari…

L’histoire de la langue du français!

          Ketika belum di kenal sebagai Negara Prancis, pada zaman dahulu wilayah tersebut didiami oleh bangsa Celtik. Kemudian, menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi dan selama 500 tahun berada di bawah kepemimpinan Julius Caesar.  Tahun 400, Klan Frank  menyerbu wilayah tersebut dan dari sinilah mulai dikenal sebagai Negara Prancis hingga saat ini.

          Saat itu, Negara Prancis masih terbagi menjadi wilayah-wilayah kecil dan belum mengenal bahasa resmi atau bahasa utama yang digunakan sehari-hari, karena penduduk yang mendiami wilayah tersebut terdiri dari berbagai suku.

          Namun, pada 10 Juillet (Juli) 1937 terbentuklah L’académie Française yang bertanggung jawab untuk pengaturan tata bahasa (la grammaire), ejaan, dan sastra Prancis.

          L’académie Française (Pusat Bahasa Prancis) adalah badan sah yang memiliki otoritas (walau tak mengandung kekuatan hukum apapun) dalam penggunaan bahasa Prancis termasuk kosakata (le vocabulaire), ortografi, dan tata bahasa Prancis. sebagai Pusat Bahasa, L’académie Française berkewajiban untuk menerbitkan kamus bahasa Prancis, yang dikenal dengan Dictionaire de L’académie Française sebagai rujukan resmi di Negara Prancis.

          Kamus ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1694 dan telah memiliki beberapa edisi yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. :)

Mengapa Belajar Bahasa Prancis?

Penggunaan Bahasa Prancis saat ini tidak lagi merupakan suatu kelebihan melainkan sudah menjadi keharusan. Mengapa?

Bahasa Prancis adalah bahasa komunikasi internasional yang dipakai di 50 negara di 5 benua. Bahasa Prancis merupakan bahasa pengantar budaya, agama dan gagasan banyak orang. Pintu budaya Prancis melalui pengajaran bahasa mendorong pemahaman lebih mendalam atas orang lain dan toleransi. Jadi sekaligus merupakan pendidikan pribadi.

Bahasa Prancis adalah bahasa hukum dan diplomatik yang digunakan PBB dan semua organisasi di bawahnya.

Tambahan pula dengan diploma DELF, Anda dapat mendaftarkan diri di universitas Prancis atau di negara-negara berbahasa Prancis sehingga akses ke jenjang pendidikan berkualitas menjadi terbuka. (CCF Bandung - Centre Culturel Français).

 

4 comments:

  1. pengen banget belajar, sampe bisa, dan langsung bisa diaplikasikan, dan kalo bisa sampe ke negaranya, tapi sampe sekarang belum pernah 'bersentuhan' dengan bahasa ini... :(

    ReplyDelete
  2. Semoga suatu hari nanti bisa ke sana ya mil ;)

    ReplyDelete
  3. @flyingsuit: mari sharing ilmuu :)

    @rifamuh: Aamiin Yaa Allah.. Jazakillah fa do'anya :)

    ReplyDelete
  4. jiyeee yang makin semangat belajar perancisnyaaaa ;) HAMASAH MILKAKUUUUU

    ReplyDelete