Powered By Blogger

Thursday, November 17, 2016

I love you Din

Kemarin, selepas mengantarkan ayah Milka ke peristirahatan terakhirnya, gw dan Nurul sedikit berbincang tentang kematian.
Mendapat nikmat untuk meninggal di hari Jum'at itu sungguh luar biasa. Jadi maaf ya Hilda dan Milka, gw ga berduka cita sebenarnya, yang ada gw malah iri. Hanya orang-orang baik yang Allah kasih kesempatan untuk berpulang ke Rahmatullah di hari Jum'at, termasuk ibu dan ayah kalian. Jadi tenanglah, gausah bersedih berkepanjangan. Mungkin ada banyak malaikat yang berebut menjemput ruh ibu dan ayah kalian untuk tinggal dalam surgaNya. Kita yang masih hidup ga bisa lihat sayap-sayap yang membentang di angkasa.

Di perjalanan pulang ke rumah Milka, Nurul mengingatkan gw tentang 3 perkara yang ga terputus setelah seseorang meninggal. Hafal kan? Amal jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang shalih. Tiba-tiba Nurul nangis, gw bingung. Lah ngapa ni anak nangis? Ini hadist yang udah gw ketahui semenjak gw masih TPA, diulang-ulang terus bahkan beberapa kali masuk soal ujian Agama Islam. Gw belum mudeng kenapa ada orang bisa nangis dengan cuma ngebahas masalah ini.

Keesokannya saat matahari naik sepenggalah, gw baru sadar kenapa Nurul begitu khawatir dan akhirnya meneteskan bulir-bulir airmatanya. Yang tertulis itu 'Do'a ANAK YANG SHALIH', pertanyaannya apakah gw sudah shalih/ah? Yang bisa nolongin orang tua yang udah meninggal cuma do'a dari anak-anak yang shalih, bukan anak yang biasa-biasa aja. Gw ga yakin diri gw udah jadi anak shalihah. Jadi bagaimana gw bisa nolongin orang tua gw misalnya nanti mereka dipanggil Tuhan?

Gw masih sangat beruntung karena kedua orang tua gw masih ada walaupun mereka berpisah. Kalo mereka sakit, gw masih bisa dimintain tolong buat beliin obat di apotek atau sekadar balurin minyak kayu putih ke badan mereka. Atau kalo mereka laper, gw masih bisa pergi ke warung nasi padang atau bahkan gw yang masak. Gw masih bisa lihat orang tua gw baik-baik aja.

Gw masih bisa bantu mereka walau amat sangat sepele. Tapi kalo mereka udah ga ada, gw gatau kabar mereka gimana di alam kubur. Kan ga mungkin gw nyelipin contekan jawaban supaya mereka bisa jawab pas Malaikat Munkar dan Nakir dateng.

Dalam perenungan gw, akhirnya gw ngerti kenapa temen-temen gw banyak yang berubah jadi sok alim. Dia yang tadinya ngeselin dan suka buat onar, tau-tau jadi lebih sering ke masjid untuk shalat jama'ah. Dia yang dulunya kalo ngomong sering bikin orang sakit hati, sekarang udah ga gitu lagi bahkan lagi berusaha hafalin Qur'an. Dia yang dulunya selalu mamerin auratnya, sekarang menutup tubuhnya ga kayak gw yang masih kadang-kadang cuma membungkus aurat, parahnya malah gw katain fanatik dan lebay. Dan dia yang dulu sering banget peluk-peluk lawan jenis, sekarang sedang berusaha untuk jaga pandangan dan membatasi gerak geriknya supaya ga 'melukai' lawan jenis.

Akhirnya gw sadar kenapa mereka melakukan hal yang kayak gitu. Mereka sedang berusaha melindungi ayah ibunya, menyelamatkan orangtuanya dari kemarahan Tuhan, dan menyiapkan diri mereka jadi anak yang shalih/ah supaya Allah mau dengerin do'a mereka untuk mengurangi bahkan menghilangkan hukuman untuk orang yang mereka sayangi. Mereka hanya mencoba berjibaku untuk layak masuk kriteria shalih versi Tuhan untuk orang-orang yang menyayangi dan merawat mereka sedari kecil. Kalo kata nyokap gw, orang tua cuma mau liat anaknya bahagia untuk kehidupannya sendiri dan mau doain kedua orang tuanya. Mereka cuma butuh do'a.

Batas hidup orang emang ga bisa ditebak, bisa aja gw duluan yang ngadep Sang Bos Besar. Tapi bukankah lebih baik menyiapkan amunisi sebagai cadangan persenjataan di kala nanti dibutuhkan? Mungkin gw udah ketinggalan awal permulaannya. Temen-temen gw udah banyak yang sedang berusaha hafalin Qur'an bahkan Hadist. Gw juz 30 aja beloman apal semua, baca Qur'an aja tajwidnya masih belepotan.

Gapapa kan kalo gw baru mulai sekarang?

(from Erdina Puspita Rini)

No comments:

Post a Comment