Powered By Blogger

Monday, March 10, 2014

Tentang Muslim' Show

Bismillah

Siapa yang sudah pernah melihat ini??

English version 

 
French Version

Pasti sudah pada baca komik-komik tersebut dong? Di Facebook, Twitter, atau bahkan lewat Website-nya :)

Komik MUSLIM' SHOW!
(Entah mengapa ada tanda petik setelah huruf "M" nya)

Btw, komik yang (bagi saya) super JLEB dan luar biasa ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa! Namun, tahukah kita dari mana sebenarnya asal komik ini berada??

YAP! (emang udah dijawab, mil -_-)
Dari negara PRANCIS.
MaasyaaAllah..
Pertama kali tahu komik ini, saya super duper merinding kagum!
Pertanyaan yang muncul dalam benak saya kala itu, "Kok bisa? Ini bener komik Muslim dari negara Prancis?"

         Komik Muslim' Show ini dibuat pada tahun 2009 oleh Norédine Allam, Greg Bllondin dan Karim. Komik ini muncul ke dunia maya pada awalnya melalui sebuag BLOG. 
         Komik ini diilustrasikan dengan humor yang ada dalam kehidupan para muslim dan muslimah sehari-hari, khususnya dalam beribadah. Hal yang biasa dibahas adalah bagaimana para muslim/ah mempraktikkan agamanya, yaitu ISLAM, terlebih mereka yang berada di negara barat. Beribadah di tempat kerja, menggunakan kerudung di tempat umum, shalat berjama'ah sebanyak lima waktu di masjid, hiburan yang tidak sesuai dengan syari'at Islam, sekolah dan anak-anak muslim di Prancis. Semua digambarkan dengan jelas dengan dalam balutan HUMOR dan fakta. Menarik, bukan!
        Setelah bertahun-tahun dirasa sudah banyak hal yang didapat melalui guru, buku bacaan, film, dosen jurusan bahasa Prancis, dosen native, musik, yaitu pengetahuan seputar kultur, kebiasaan, dan kehidupan di Prancis, tetap saja bagi saya yang notabene adalah seorang muslim, masih terasa kurang lengkap jika tidak mengetahui kondisi agama Islam di negara tersebut. Sudah menjadi kebiasaan semenjak SMA dulu untuk terus mencari informasi terbaru tentang saudara/i muslim di sana, bagaimana perkembangan agama Islam di sana, bagaimana perjuangan beribadah di sana. 

“Kita akan merasakan perjuangan kita ini sempit apabila kita memikirkan bahwa kita yang memulai perjuangan dan kita yang mengakhirinya; tetapi apabila kita memikirkan bahwa perjuangan ini bukan kita yang memulainya dan bukan kita yang mengakhirinya, maka ketika itu pula terasalah bagaimana luasnya perjuangan kita, serta bagaimana luasnya keluarga (muslim) kita. Karena keluarga kita bukan keluarga yang diikat dengan keturunan darah tetapi oleh kesatuan Aqidah. Laa Ilaha Illallah Muhammadurrasulullah.

-Sayyid Quthb-

Maka ketika hati, lisan, dan tindakan kita telah sama berlandaskan syahadat kepadaNya, saat itu pulalah jiwa ini telah terikat, tanpa memandang warna kulit, suku, maupun wilayah. Bagi saya, mereka adalah keluarga, mereka adalah saudara. Allahu Akbar.

Betapa bahagianya saya mengetahui komik ini telah beredar. Semoga Allah senantiasa berkahi..
Meski M. Bllondin bukanlah seorang muslim, tapi maasyaaAllah ia ikut membantu kelancaran terbitnya komik yang dibuat oleh sahabat muslimnya, yakni M. Allam dan M. Karim. Berbeda itu tidak selalu negatif, bukan :) Sayangnya, komik ini diboikot di negara Prancis itu sendiri, komik ini hanya dapat beredar di toko buku kecil, yakni toko buku muslim di sana. Meski begitu, masih banyak hal yang perlu disyukuri, toh buku ini mendapat respon luar biasa dibanyak negara, salah satunya di negara Indonesia :)

Islamic Book Fair, Senayan, pada hari minggu, tanggal 09 Maret 2014 adalah hari peluncuran komik Muslim' Show untuk Indonesia. Berbekal niat yang kuat, berangkatlah saya sendiri ke sana, mencari komik yang telah saya harapkan sejak lama. Ketika sudah berada digenggaman, tahu dong rasanya bagaimana? Senang bukan main :D

Public Lecture, Institut Kesenian Jakarta, pada hari senin, tanggal 10 Maret 2014 juga merupakan ajang silaturahmi antara Norédine Allam, Greg Bllondin dan Karim dengan penggemarnya di Indonesia. Wuri, Novia, dan saya, kami pergi bertiga diiringi dengan gerimis hujan, dan dinginnya udara pagi hari. Setelah mereka memaparkan kisah, ide, konsep mengenai komik Muslim' Show yang telah mereka buat, mereka pun membuka sesi pertanyaan, kritik, dan juga saran seputar komik Muslim' Show. Terakhir ditutup dengan sesi foto bersama, dan penandatanganan komik peserta, sama halnya dengan yang mereka lakukan di IBF pada hari sebelumnya. Setiap pembeli komik Muslim Show' pasti akan merasa sangat bahagia dan bangga, justru bukan karena tanda tangan mereka, melainkan karena karikatur wajah pembeli yang digambarkan di atas komik Muslim' Show. Ils sont très gentils :)
Saat komik kami bertiga yang ditandatangani, kami tak mau melewati kesempatan untuk dapat berbincang dalam bahasa Prancis, dan mereka menyambutnya dengan sangat baik. Lagi-lagi, nama saya rasanya begitu membekas bagi orang eropa -_- bagaimana tidak, Milka adalah sebuah brand coklat di benua eropa. "C'est comme le nom du chocolat!"

No comments:

Post a Comment