Powered By Blogger

Monday, March 10, 2014

Beberapa Pengertian Mengenai Komunikasi


Tugas Makalah Mata Kuliah Komunikasi Antar Budaya
Beberapa Pengertian Mengenai Komunikasi


Milka Anggun (2315110018)
Jurusan Bahasa Prancis
Universitas Negeri Jakarta
Dosen Pengampu: Jimmy Ph. Paat


PENDAHULUAN
Tugas makalah ini akan membahas mengenai pengertian komunikasi. Mengapa dirasa perlu membahas pengertian komunikasi? Karena sebelum melangkah lebih jauh ke dalam mata kuliah Komunikasi Antar Budaya, sebagai mahasiswa saya perlu terlebih dahulu memahami beberapa pengertian komunikasi dari beberapa sumber buku bacaan yang berkaitan. Berharap selepas membaca buku-buku yang berkaitan dengan komunikasi, saya mampu memahami beberapa pengertian komunikasi secara teoritis, agar kedepannya dapat diaplikasikan secara praktis.



ISI
Berikut ini adalah beberapa pengertian mengenai komunikasi:
                Saya mengambil pengertian komunikasi yang pertama dari sebuah buku terjemahan berjudul Komunikasi Antarmanusia atau dalam bahasa inggrisnya adalah The Interpersonal Communication. Menurut Devito (2011), “Komunikasi mengacu pada tindakan, oleh satu orang atau lebih, yang mengirim dan menerima pesan yang terdistorsi oleh gangguan (noise), terjadi dalam suatu konteks tertentu, mempunyai pengaruh tertentu, dan ada kesempatan untuk melakukan umpan balik”[1]. Artinya, komunikasi adalah sebuah tindakan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih, sebut saja mereka adalah  si pengirim dan penerima pesan. Devito juga menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan jika sewaktu-waktu terjadi hambatan ketika si pengirim dan penerima pesan sedang berkomunikasi. Lebih dari itu, komunikasi terjadi dalam suatu konteks tertentu, memiliki pengaruh tertentu, dan mereka yang melakukan komunikasi memiliki kesempatan untuk melakukan umpan balik.
            Selanjutnya menurut  Martin dan Nakayama (2010) dalam buku Intercultural Communication In Contexts. “Communication, is as complex as culture and can be
defined in many different ways. The defining characteristic of communication
is meaning, and we could say that communication occurs whenever someone
attributes meaning to another person’s words or actions.”[2], yang dimaksud oleh Martin dan Nakayama, komunikasi merupakan hal yang rumit, bagaikan sebuah budaya. Sebab dapat
didefinisikan dalam berbagai cara. Mendefinisikan karakteristik dari komunikasi adalah tentang sebuah makna, lebih dari itu kita juga bisa mengatakan bahwa komunikasi dapat terjadi ketika kita dapat menghubungkan makna yang terdapat dalam kata-kata atau bahkan tindakan seseorang.
            Menurut  Novinger (2001) dalam bukunya yang berjudul Intercultural Communication, A Practical Guide. “By nature, communication is a system of behavior. And because different cultures often demand very different behaviors, intercultural communication is more complex than communication between persons of the same culture. All communication takes place in the matrix of culture, therefore difference in culture is the primary obstacle to intercultural communication”[3] Melalui pengertian tersebut, Novinger menjelaskan bahwa secara alami, komunikasi adalah sebuah sistem perilaku, dan karena budaya yang berbeda sering menuntut perilaku yang sangat berbeda, komunikasi anatarbudaya menjadi lebih kompleks daripada komunikasi antarmanusia dari budaya yang sama.

KESIMPULAN
   Setelah mengetahui beberapa pengertian mengenai komunikasi dari beberapa sumber buku bacaan yang berkaitan dengan komunikasi, maka dapat saya pahami bahwasanya komunikasi merupakan sebuah kontak atau hubungan yang tidak terjadi dalam ruang hampa, melainkan dalam suatu konteks tertentu, yang memiliki makna tertentu. Serta terdiri dari pengirim dan penerima pesan yang memiliki tujuan untuk saling mempengaruhi melalui ujaran atau tindakan.




[1] Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antarmanusia. Dalam J. A. Devito, Komunikasi Antarmanusia (hal. 24). Tangerang: KARISMA Publishing Group.
[2] Nakayama, J. N. (2010). Intercultural Communication In Contexts. Dalam J. N. Nakayama, Intercultural Communication In Contexts (hal. 94). New York: The McGraw-Hill Company.
[3] Novinger, T. (2001). Intercultural Communication, A Practical Guide. Dalam T. Novinger, Intercultural Communication, A Practical Guide (hal. 4). United States of America: LIBRARY OF CONGRESS CATALOGING-IN-PUBLICATION DATA.


No comments:

Post a Comment