Powered By Blogger

Wednesday, December 12, 2012

Berkumpul dengan lingkungan yang shalih

Sungguh… berkumpul dengan orang-orang shalih itu, akan mendatangkan obat hati bagi kita. Maka, berkumpullah… dengan mereka… dengan "ruh-ruh penuh kebaikan".


Suatu saat beberapa sahabat bertanya, "Karib seperti apa yang baik untuk kami?" Rasulullah SAW menjawab, "Yakni apabila kalian memandang wajahnya, maka hal itu mengingatkan kalian kepada Allah." (Riwayat Abu Ya’la, dihasankan Al-Busrin)  
Sabda Rasulullah SAW yang lain, "Sesungguhnya sebagian manusia merupakan kunci untuk mengingatkan kepada Allah." (Riwayat Ibnu Hibban, disahihkan oleh beliau)  
Rasulullah SAW bersabda, "Ruh-ruh manusia itu seperti prajurit yang berkelompok-kelompok, jika saling mengenal mereka akan menjadi akrab, dan jika saling bermusuhan maka mereka akan saling berselisih." (Shahih Muslim No. 4773)

“Sesungguhnya orang-orang mukmin adalah bersaudara…” ( QS: Hujurat : 10)


Subhanallah.. indahnya UKHUWAH ISLAMIYAH ..

Satu karunia, cahaya, dan nikmat Ilahi yang dituangkan oleh Allah ke dalam hati hambanya yang ikhlas, dan orang-orang yang bertaqwa kepada-Nya

Kekuatan iman dan spiritual yang melahirkan perasaan yang dalam terhadap kasih sayang, mahabbah (kecintaan), kemuliaan, dan rasa saling percaya sesama manusia.

 
“Sesungguhnya orang2 mukmin adalah bersaudara…” ( QS: Hujurat : 10)


Rasulullah SAW bersabda :
Sesungguhnya Allah Ta'ala berfirman :
Dimanakah orang-orang yang saling mencintai karena Keagungan Ku ? Pada hari ini Aku akan menaungi mereka dalam naungan Ku, hari yang tidak ada lagi naungan kecuali Naungan Ku" (HR Tirmidzi)


Dari Mu'adz ra, Rasulullah SAW berkata bahwa Allahpun berfirman :
"Orang-orang yang saling mencintai karena Keagungan Ku bagi mereka adalah mimbar-mimbar yang terbuat dari cahaya, hingga para Nabi dan orang syahid merasa iri terhadap mereka " ( HR Tirmidzi)


Dari Abu Idris Al Khawlani ra berkata :
"Bergembiralah karena aku mendengar Rasulullah SAW bersabda :
Allah berfirman : " Kecintaan Ku pasti (Kuberikan) untuk orang-orang yang saling mencintai karena Ku, saling berteman karena Ku, saling mengunjungi karena Ku dan saling memberi karena Ku. (diriwayatkan oleh Malik dalam Al Muwaththa' dengan sanad shahih)


Cintailah yang dibumi, maka penghuni langitpun akan mencintai Mu ..


"Dan barangsiapa yang mentaati Allah dan Rasul-Nya, mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah, yaitu: para nabi, shiddiqin, syuhada dan shalihin. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya." (QS. An-Nisa [4] : 69)


Ya Allah ,
"Tunjukilah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau anugerahkan nikmat kepada mereka, bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat." (QS. Al-Fatihah [1] : 6-7)

Aamiin Allahumma aamiin ...


Source:
http://laillanm.blogspot.com/2012/02/berkumpul-dengan-lingkungan-yang-shalih.html

2 comments:

  1. huwahh...sudah lama sy tidak berkumpul dengan orang2 shalih :'(

    Tapi sekalinya bertemu ,terlalu cepat untuk berakhir . :'(

    ReplyDelete
  2. Laa tahzan..
    Insya Allah bertemunya dlam do'a juga chaaaan :D

    ReplyDelete