Powered By Blogger

Monday, December 3, 2012

Super!

Alhamdulillah.

Hari ini belajar sama Eric Poujade lagi. :) do'i itu native Prancis yang udah masuk kelas saya selama tiga kali. Lumayan buat mengasah kepekaan tentang bagaimana kontak langsung dengan orang Prancis, namun karena Eric diposisikan sebagai pengajar makanya do'i ramah, kalo orang Prancis aslinya mah mungkin rada arogan. Hmm.
 Tema hari ini adalah kultur orang Prancis dalam hal makanan-minuman. Dari mulai kebiasaan orang Prancis yang 'addicted' banget sama KOPI (le café) sampai roti-rotiannya. 

Di Prancis, anak muda hobi sekali kongkow di cafe sambil minum kopi, apalagi jam-jam istirahat, hmm. ramailah pokoknya!

Orang Prancis paling suka  sama kopi murni, yang harum katanya. Le café / kopi biasa disebut juga dengan 'Le petit noir' atau 'Le café serré', itu semacam le café simple a.k.a ga ada campuran apa-apa, murni kopi saja. Jenis kopi lain yang digandrungi adalah Expresso, Café double, Café au lait (kopi-susu), Le Thé (teh) dan Le chocolat chaud (coklat hangat). Biasanya mereka minum kopi empat kali sehari (beuh), dan ditemani dua buah biskuit atau bahkan permen coklat.. Serba manis deh pokoknya, sebab kopinya kan cukup pahit. Kata Eric, seumur hidupnya kopi yang paling dia suka adalah kopi dari Kenya, Brazil, Vietnam, dan Sumatra.
Nah itu seputar minuman... Sekarang giliran makanannya~
Sama halnya dengan orang Indonesia, di Prancis juga terbiasa makan tiga kali sehari. Bedanya, pagi-pagi mereka ngga makan yang asin-asin, melainkan yang manis-manis, alasannya adalah untuk menambah energi di pagi hari. Logis memang.. Biasanya dipagi hari mereka makan roti (c'est comme moi, je pense :D) Ada tiga macam roti yang terkenal di Prancis:
1. Le croissant (baca: le krwasang)--> roti bentuk bulan sabit

2. Le pain au chocolat (baca: le peng o shokola) --> roti coklat
3. La tartine (baca: la tartin) --> c'est la baguette avec du beure et de la confiture (roti baguette dengan mentega dan selai buah/coklat/etc)
Hmm... Jadi keroncongan ini mah, hehe.
Itulah menu pagi harinya, nah siang hari dan malam hari barulah mereka makan yang rasanya selain manis.. Disela-sela makan siang dan makan malam jika kita makan-makanan manis tadi, itu disebut dengan 'Un petit creux' atau bahasa kerenya 'Ngemil'. Sempat Eric menanyakan artinya dalam bahasa Indonesia, hampir setiap dari kemi memberitau "C'est Ngemil... N-g-e-m-i-l.. NGEMIL..." pokoknya riuh.. Tapi tetap saja pada akhirnya yang Eric sebut adalah 'Gemil'. hehe

Saat ditanya tentang menu favorit kami untuk sarapan ala Prancis, sungguh beruntung saya kena giliran untuk berbicara. Rabb merci!
Saya hanya menjawab, "Je préfère le café au lait et la tartine avec la confiture de la fraise."  alias "Saya lebih suka kopi-susu dan roti degan selai strawberry". Dan Eric bilang pilihan sarapan saya tadi itu sangat enak :D
Senangnya bisa belajar bersama Eric yang orangnya sangat ekspresif, hangat, dan menyenangkan.
Merci Rabb...

No comments:

Post a Comment