Powered By Blogger

Thursday, September 15, 2011

Asal-usul lagu TOTALITAS PERJUANGAN. :)

Totalitas Perjuangan

Semua anak BEM pasti tau dong lagu Totalitas Perjuangan. Lagi aksi pasti menyanyikan lagu ini. Lagi ospek juga pasti menyanyikan lagu ini. Gimana enggak, kalo nyanyi lagu ini tuh kerasa banget feel-nya kalo kita lagi aksi ato lagi turun ke jalan menyuarakan suara rakyat yang terbungkam oleh pemerintah (agak lebay dikit saya)

Oya, ada satu pertanyaan di benak saya pada saat menyanyikan lagu ini atau mendengarannya. Pertanyaannya yaitu : “siapa sih yang menciptakan lagu ini ?”

Ada dari teman-teman yang bisa menjawab pertanyaan saya diatas ? Sejujurnya saya juga bingung.

Tapi ada satu bukti yang menurut saya itu bisa saya jadikan alasan darimana sebenernya sumber lagu Totalitas Perjuangan ini.

Boleh cerita, ketika saya sedang membaca buku karya Imam Hasan Al-Banna –Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin–, saya menemukan di BAB “Kepada Para Pemuda dan Secara Khusus Kepada Para Mahasiswa” di halaman 139 risalah dari Imam Hasan Al-Banna yang sangat mirip sekali dengan lagu Totalitas Perjuangan. Berikut saya tuliskan bagaimana bunyi risalah itu :

kepada para pemuda

yang merindukan lahirnya kejayaan

kepada ummat yang tengah kebingungan

di persimpangan jalan …

kepada pewaris peradaban yang kaya raya

yang telah menggoreskan catatan membanggakan

dilembar sejarah ummat manusia …

kepada setiap muslim yang yakin akan masa depan dirinya

sebagai pemimpin dunia dan peraih kebahagiaan

di kampung akhirat …

kepada mereka semua

kami mempersembahkan risalah ini.

sebuah bekal hari ini yang sarat tuntutan

untuk masa depan yang penuh cahaya …

wahai para pemuda

wahai mereka yang memiliki cita-cita luhur

untuk membangun kehidupan …

wahai kalian yang rindu akan kemenangan agama allah …

wahai semua yang turun ke medan

demi mempersembahkan nyawa dihadapan tuhannya …

disinilah petunjuk itu, disinilah bimbingan …

disinilah hikmah itu disinilah kebenaran …

disini kalian dapati keharuman pengorbanan dan kenikmatan jihad …

bersegeralah bergabung dengan parade bisu …

untuk bekerja dibawah panji penghulu para nabi …

untuk menyatu dengan pasukan Ikhwanul Muslimin …

“sehingga tidak ada lagi fitnah di muka bumi dan agama seluruhnya milik allah”.

Yup, itu lah tulisan risalahnya … berikut akan saya bandingkan dengan lirik lagu Totalitas Perjuangan :

kepada para mahasiswa

yang merindukan kejayaan

kepada rakyat yang kebingungan

dipersimpangan jalan

kepada pewaris peradaban

yang telah menggoreskan

sebuah catatan kebanggaan

dilembar sejarah manusia

wahai kalian yang rindu kemenangan

wahai kalian yang turun ke jalan

demi mempersembahkan jiwa dan raga

untuk negeri tercinta.

Kalau diperhatikan yang saya BOLD hampir sama kan ? Jadi siapa yang duluan ? :)

Kalo kita kembali membuka sejarah tentang berdirinya organisasi ini, Ikhwanul Muslimin berdiri pada Maret 1928 dengan pendirinya Hasan Al-Banna. Bisa lihat sumber tentang Ikwanul Muslimin disini. Dan untuk informasi pendirinya Hasan Al-Banna bisa lihat disini.

Dari sini bisa kita lihat mana yang lahir terlebih dahulu. Tentunya Ikhwanul Muslimin yang didirikan oleh Imam Hasal Al-Banna.

Jadi, terjawab sudah pertanyaan saya, sumber lagu Totalitas Perjuangan adalah disadur dari risalah Imam Hasan Al-Banna (hehehe … sedikit maksa saya ya :p)

Dari sini pula membuktikan bahwa islam adalah agama yang senantiasa memberikan semangat kepada pemeluknya, terutama para pemuda, si agen perubahan.

Untuk lebih jelasnya tentang apa yang dibawa oleh organisasi dakwah Ikhwanul Muslimin dan sepak terjang pendirinya yaitu Imam Hasan Al-Banna, silahkan membaca buku Risalah Pergerakan Ikhwanul Muslimin 1 & 2, salah satu buku karya sang pendirinya, yaitu Imam Hasan Al-Banna. Disitu akan ditemukan risalahnya yang saya tulis diatas tadi.

Apapun warna almamaternya, jumlah kita tetap satu, HIDUP MAHASISWA !!  HIDUP RAKYAT INDONESIA !!  

http://doupafia.wordpress.com/2011/05/29/totalitas-perjuangan/

4 comments:

  1. Sepakat! Saya juga nemu fakta di atas sejak lama, ga sengaja juga.
    Salam kenal dari anggota BEM FK Unsyiah. :)

    Nuril, Aceh

    ReplyDelete
  2. Dulu pas ospek suruh ngapalin lagu itu,s ekarang lupa~

    ReplyDelete
  3. wah subhanallah bgt yaa .. hahahaa aku baru tau mil. SAMBUT SERUAN SAYA .. HIDUP MAHASISWA!!

    ReplyDelete
  4. Salam kenal, kak nuril :)

    Upi, HIDUP!MAHASISWA. :)

    ReplyDelete