Powered By Blogger

Wednesday, December 28, 2011

My name, is it Du'a?

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Nama sama dengan Do’a. Mungkin maksudnya lebih ke pengharapan kali ya? Ketika sepasang suami-istri mengetahui bahwa mereka telah dikaruniakan amanah berupa jabang bayi dari Allah SWT, pasti hal yang satu ini menjadi bagian yang tidak kalah penting untuk dipikirkan. Mereka mencari-cari arti terbaik dibalik sebuah nama, untuk diberikan kepada anaknya nanti. Tentu dibalik nama terbaik yang mereka pilih, ada sebuah harapan tertentu di dalamnya. Misalnya, ketika sepasang suami-istri memilih nama Muhammad… para orang tua pasti ingin anaknya mempunyai perangai seperti Rasul kita tercinta, berakhlaqul karimah. (Aamiin) Atau contoh lain untuk nama anak perempuan bernama Aisyah, sudah jelas orang tua anak tersebut berharap agar anaknya nanti bisa menjadi wanita yang cerdas seperti Aisyah R.A. (Aamiin)

Namun, ada juga orang tua yang menamakan anaknya sesuka hati tanpa ada harapan dibalik itu. Pokoknya yang penting keren. Kalau yang ini aku tak mau menyebutkan contohnya. Naah, jadi bisakah nama disamakan dengan do’a? Aku rasa itu innamaal a’maaluu binniyyaat. :) Karena ada yang hanya sekedar memberi nama, mengikuti artis favorit, sampai yang hanya terdengar oke. Kembali lagi, itu semua kebebasan setiap orang tua dalam memilih nama bagi anaknya.

Banyak juga nama yang supeeeeeeeeeeer indah, dari nama kawan-kawan, adik-adik kelas, hingga kakak tingkatku. Sampai-sampai aku terinspirasi menggunakan nama mereka sebagai nominasi nama calon anakku nanti. ^^ heheh tapi gak semuanya loh… Salut untuk orang tua mereka yang hebat memilih nama terbaik bagi anak-anaknya.

What about me??? MILKA ANGGUN apa sih artinya? Suka’ susu, luh ya? Pasti pada bilang getoh… tapi EMANG iya sih, I love MILK, then I love MY SELF. :D

Dan sampai pada suatu hari ketika aku berada pada masa awal kelas tiga SMA, guru Bahasa Indonesiaku meminta perkenalan diri kami (warga ips 2) masing-masing sembari menyebutkan arti nama. Tibalah giliranku, “Nama saya Milka Anggun. ‘Anggun’ karena mungkin orang tua saya menginginkan saya menjadi wanita yang anggun. Lalu ‘Milka’ maaf bu saya tidak tahu. Karena kata ibu saya itu nama pemberian Alm. Kakek saya, dan ibu saya tidak sempat bertanya. Hehe.”  Jawabku apa adanya saja. Sumfeh deh malu >_< udah 17 tahun menjabat nama Milka, tapi ngga tahu maknanya. Hmmm, jadi PR!!! Keluh hatiku, SAAT ITU.

Pulangnya aku kembali bertanya-tanya pada ibu, tapi jawaban yang sama seperti waktu itu aku dapatkan kembali. Ibu tidak tahu…  Aah aku jadi rindu kakeeek, seandainya waktu itu aku bukan bocah cilik sebelum kakek meninggal, pasti aku akan bertanya, “Kakek…… arti nama aku apa siiiih???”  seandainya aja lho, ngga mungkinkan di replay waktunya. ^^

Pada usia tujuh belas tahun akhirnya aku mengetahui arti namaku sendiri.  Dikasih tau sama Kang GOOGLE. :D Nama ‘Milka’ artinya…bla…bla…bla… NAH, pertanyaannya. Apakah nama ‘Milka’ itu merupakan sebuah do’a??? :)


Boleh cop-pas:

Milka itu…

Jenis kelamin: Female

Asal: Nama Ceko, Cekoslovakia, Czesh

Arti: Rajin, tekun

dan

Jenis kelamin: Perempuan

Asal: Alkitabiah

Arti:  - Ratu

          - Istri raja Nahor

          - Anak raja Zelafehad

 

 

4 comments:

  1. temen ku ada yang mirip juga, nama nya milkatusyafa'ah :D hehe.. kalo itu artinya sama gak ya?

    ReplyDelete
  2. berbeza, soale ada syafa'ahnya #soktau, hehe :D

    ReplyDelete