Powered By Blogger

Friday, June 17, 2011

Subhanallah, onde-onde… onde-mande…

masakan ibu: ranca’ bana,

masakan ayah: hau ce,

masakan uni (kakak): delicioso,

masakanku: krik..krik..krik.


Bismillahirrahmaanirrahiim...
Bonsoir a tous!
Pada kali ini, aku akan mempersembahkan sebuah cerita, alias pengalaman, alias kejadian, alias peristiwa he...
And this is the story begin...

Suatu hari, aku sedang membuat kue. Kuwe apa? Bolu tape.
Aku sangat hobi dengan yang namanya kue K U E> K U E> K U E....
Makanya kalo udah liat resep kue enak trus bahannya murah en gak susah dicari... hmm, jadiin deh tu kue!
Bahan udah lengkap, peralatan tersedia, buku resep juga udah di tangan. Bismillah...
Mulai dariiiii Mixer!
Kocok mentega + gula, campurin telur, kocok terussssssssssssss.
Udah tercampur? Udah???
Oke masukkan tepung terigu, secuil demi secuil... YAK! terakhir masukkan tape...
Ada yang ketinggalan? hmm, kayaknya nggak... #kayaknya#

Sip deh udah tercampur rata adonannya. Tuang ke loyang... ratakan... masukkan ke oven yang telah dipanaskan... Tungguin...
Karena pake oven sederhana, jadi kalo udah mateng gak ada bunyinya, so rajin-rajin deh aku ngecek

~ 1 jam... ~

Aku:
"Lah, maah... un... kok nggak ngembang ya?"
Uni:
"Belum kaliiiiiiiiiiiiiiiiii"
Aku:
"Oh..." (tutup oven)

~ 1 jam 5 menit ~

Aku:
"Uniiiiiiiiiii belonan juga nih :( "
Uni:
"Yaiyalaaaaah baru juga lewat limamenitttt"
Aku:
"E he he..."

~ 2 jam(an) ~
(Buka oven)

Aku:
"Weeeeeeeeeeeey uuuuuun, bawahnya udah gosooooooooong!"
Uni:
"Yaudah angkaaaaaaaaat ayooooo"
Aku:
".........................................."
Uni:
"Kok???"
Aku:
"Yap..... kok kuenya pipih yak."
Uni:
"Kok gini?"
Aku:
"Nggak tau nih, kuenya aneh banget..." #Nyalahin kue#

Mari makaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan
Aku:
"Ayo, ayooo tester pertama siapa???"
Krik...krik...krik...
"Yaudah, yaudah, ade aja..."

hmmm... well enak kok! walau tampangnya bukan kayak bolu, lebih kayak kue kering yang penting................

QUOTE:
Pernah mencoba dan tau hasilnya itu penting, jadi bisa belajar deh dari kesalahan. Nah... di lain kesempatan, perbaiki kesalahan tersebut menjadi sebuah ke-benar-an.





Beberapa bulan kemudian...........

Uni:
"Mil, bikin kue yuk! uni udah tau caranya biar mengembang gimana..."

Aku:
"Emang gimana?"

Uni:
"Pake pengembang kuelah. Kita pake baking powder....."

Aku:
"Cobaaaaaaaaaaaaaaa."

Resep Bolu Tape keluarga:

- Mentega 250gr
- Tepung terigu 250gr
- Telur 6 butir
- Gula 250gr
- Tape 250gr
- Baking powder 1/2 sdt
- Keju parut

Cara bikinnya hampir mirip, tapi kalo resepku yang pertama banget tadi ngga MENGEMBANG, apa rahasianya???
Ternyata pamiarsa muda! aku lupa pake be-king pau-der. Yang artinya pengembang kuwe... #ngarang

Kalo udah, tuang deh ke loyang.... taburi keju... panggang... tungguin...

~ 1 jam ~

Aku:
"Mana ngembang un?" #trauma#
Uni:
"Tunggu deeeeeek"

~ 1,5 jam ~

Aku:
"Widihhhhh, kuenya naik un! kuenya naik! ngembang tuh..."
Uni:
"Iya??? mana liatliat "

~ 2 jam ~

Uni:
"Miiiiiiiiiiiiiiiil, udah mateng! nih coba tusuk."
Aku:
(tusuk-tusuk kue)
"Wih iya un, udah kering dalemnya... hmmmmph... *hirup* wangiiiiii ngembang lagih."
Uni:
"Alhamdulillah..."
Aku:
"Alhamdulillah... selamat ya un, ajarin ade doooooooooooooooonk"

Tiba hari miladkuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.
masak-masak kue lagi. bolu tape lagi. ngembang lagi, yeyeyeyeyeyeye.
Alhamdulillah, masak sendiri... dibantu uni dikit...

Begitu kawan mencoba...
"Hmmph... *hirup* wangi mil... enakkk."

"Iya mil, bikin sendiri?"
"Mau lagi donk donk"
"BAWA lagi donk"

Aku:
"Walah, gimana yaaa... Order aja boleh deh....."

Alpian en Intan:
"Oke! pesen!"


Alhamdulillah.......... wa syukurillah...........
Yang mau belajar bareng boleeeeeeeeeeeeeeeeeeh he he
Moga bisa dipetikin manfaatnya ya...
Amin...









2 comments: