Powered By Blogger

Wednesday, November 14, 2012

Ma nouvelle expérience inoubliable!

Bismillahirrahmaanirrahiim


Aujourd’hui, j'ai passé le test du DELF A2! Alhamdulillah...
Qu’est-ce que c’est DELF?? Apa itu DELF??
C’est Diplôme D’étude En Langue Française, semacam TOEFL tapi untuk bahasa Prancis..
Terdiri dari beberapa tingkatan, yang saya tau tingkatannya adalah A1, A2, B1, B2, C1, dan C2. Nah untuk lulusan dijurusan saya minimal harus mempunyai sertifikat B2. Dan hari ini, kawan-kawan dan saya mengikuti DELF tingkat A2. Hm hm masih jauh rupanya. Smangatlah! 

Agatha, ramsey, et moi, on a étudié ensemble hier,  le soir jusqu’au minuit je pense. Oh là là c’était trop fatiguant. Mais ça va, je dois faire le mieux, n’est-ce pas? :D
Disurat ujian tulis tertera bahwa test berlangsung pada pukul 09.00 tapi peserta harus hadir 30 menit sebelumnya, saya berangkat pukul 07.00 dari jalan Pemuda bersama agatha dan ramsey, kami jalan kaki ke BNI Rawamangun, kemudian kami naik metromini nomor 49 untuk sampai di Institut Français l’Indonésie di Salemba. Diluar dugaan, macet bangeeeeet. Sampailah kami sekitar pukul 08.15 dan alhamdulillah kami sampai SEBELUM waktunya, masih ada waktu untuk bernafas lega walau tetap saja ritme jantung saya berdetak begitu cepatnya. Untunglah saya cukup mampu untuk mengabaikan itu, berharap rasa gugup tidak membatasi gerak saya dalam berpikir diujian nanti. 

Untuk ujian Réception Orale, Réception Écrite, dan Production Écrite (Listening, Reading, dan Writing) saya berada di ruang 06 dan Production Orale (Speaking) saya berada di ruang 04. Saya masih bisa mengatasi rasa grogi saat ujian di ruang 06 (walau sempet ngantuk abis, but it’s not a big deal  i think, cause i’ve passed it, rite? :D).

Tapi saat ujian di ruang 06 alias Speaking. Hmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmm.... dalam ruangan itu kita hanya ditest sendiri dengan dua orang l’éxaminateur (penguji). Test berlangsung dari pukul 11.00 dan saya kebagian test pukul 13.00, Alhamdulillah persiapan 120 menit.. saya dan fitri latihan apapun, dari monolog sampai dialog. Awalnya kami hanya menunggu tanpa aktivitas, dan rasanya kami kepo sekali dengan mereka yang sudah keluar dari ruang ujian dengan wajah sumringah. Bertanya bagaimana rasanya? Siapa pengujinya? Apa testnya? Dll. Tapi akhirnya malah jadi tambah grogi pas dengar cerita mereka, so saya dan fitri memutuskan untuk ikhtiar dulu saja, tidak ingin menikmati rasa gugup yang hinggap.
Pukul 13.00, giliran saya. Ada tiga test, yang pertama memperkenalkan diri selama 1 menit, kemudian dilanjut dengan monolog selama dua menit (tema sudah ada), dan terakhir dialog (jeu de rôle) bersama penguji. Huuuuuuuh :D Untuk monolog dan dialog kami dipersilakan mengambil tema secara random dan mempersiapkan apa yang ingin dikembangkan dari tema tersebut selama 10 menit. Alhamdulillah penguji saya tidak lain dan tidak bukan adalah dosen saya sendiri hehe, dosen linguistique I dan II, il s’appelle Monsieur Sakirin. Penguji yang satunya lagi adalah alumni dari jurusan saya, kak Sridepi (Bahasa Prancis 2008), dia cantik-baik-pintar, je l’aime!
Tema monolog saya adalah tentang kegiatan olahraga, padahal saya bukan penggiat olahraga, apapun itu. :( tapi disitulah letak tantangannya, mengembangkan IDE. Dan tema dialog saya adalah menjadi seorang saksi atas sebuah kecelakaan lalu lintas, dan lawan bicara saya alias si penguji menjadi polisinya. 
Dan, voila! Ujiannya telah berlalu, tinggal tawakkalnya.
Allah ridhoi ikhtiar kami. Aamiin..
:) 
 
Posted 6 november 2012 by

No comments:

Post a Comment