Powered By Blogger

Saturday, May 28, 2011

Bukan hanya me-ji-ku-hi-bi-ni-u, lebih dari sekedar warna-warni. Itulah masa SMA. (Part 2)

TUGAS, ada singkatannya. 

T=tentunya, U=untuk, G=giatkan, A=aktivitas, S=siswa/i. *ngarangbener*

Yaap, siapa yg sudah kenyang dengan tugaaaaas?? Saya rasa tidak ada dan tidak boleh ada :)

Jangan tanya kenapa, pasti sudah tau jawabannya bukan? Tugas tidak akan lepas dari kehidupan setiap insan, baik itu tugas beribadah kepada Allah, tugas membantu Orang tua di rumah, tugas belajar di sekolah, dansebagainya.

Tugas yang akan dibahas kali ini adalah, Tugas Sekolah. Ya,  tugas kita di sekolah beragam macamnya, khususnya tugas kelas dulu. Mulai dari piket, menghapus papan tulis tiap jam pelajaran usai (kadang harus pake tunjuk-tunjukkan dulu, misal “Dia bu… dia aja yang jarang ngapus papan tulis…” atau “Dia tuh bu, hari ini dia belum piket…” dsb, he he), berikutnya tugas ngangkatin kursi tiap pulskul, and the laaast but noooot least tugas RUMAH :D alias PR. Kadang saya jadi suka mikir sendiri, kalo ditilik lagi kok kayaknya watak anak SMA pada umumnya sulit ditebak apa inginnya. Misalnya gini ya,

Ibu guru: “Anak2 hari ini kalian ditugaskan untuk membuat penelitian sosial, blablabla…”

Kami: “Siap bu!!!”

 

Satu jam kemudian…

Ibu guru: “Bagaimana??? Sudah selesai belum??? Waktunya sudah hampir habis.”

Kami: “Yaaaahh bu… masih banyak yang belum…”

Ibu guru: “Baik, kalian kerjakan saja di rumah ya. Besok kita bahas.”

Kami: “Oke bu!!!” (pada girang tugasnya boleh dikerjain di rumah.)

 

Keesokan harinya…

Ibu guru: “Oh, iya kemarin ibu berikan tugas ya??? Bagaimana, sudah dikerjakan belum di rumah???”

Kami: krik..krik…krik. (sunyi). 

 

Catat ini: Dikasih tugas di sekolah, pengennya dibawa pulang ke rumah (jadi PR). Begitu di kasih tugas buat di rumah (PR), pengennya ngerjain di sekolah.

A ha ha… unik…unik… 

 

 







‘Rejeki nemplok’ 

Pernah suatu waktu ketika saya berada di kelas xii ips 2, guru-guru memberi kami tugas yang bisa disebut sebagai ‘Rejeki nemplok’. Terkadang kalo diingat-ingat lagi malah jadi senyam-senyum sendiri… padahal jaman dulu kalo dikasih tugas muka langsung pada jadi asem. He he :p

‘Rejeki nemplok’ itu diantaranya, waktu pelajaran *harajes. Hari di mana setelah hari minggu. Ya, hari senin guruku memberikan pengumuman MENDADAK yang menggegerkan satu ruangan kelas, “Anak-anak, keluarkan kertas selembar. Kita ulangan sekarang ya.”  Kami cuma bisa bilang, “haaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa??????? Tapi bu… tapi… ta…pi… kami belum belajar.”  Lalu guru pun menjawab, “Yaudalah gapapa, ayo ayo cepet cepet.” Dalem hati rasanya pengen nangisssss, ngapa tadi malem saya kagak belajarrr???.

Yo wesss… lanjut…

‘Rejeki nemplok’ lainnya, saya masih ingat sekali. Hari kamis sepulang sekolah, disaat lagi pada siap-siap mau cau, teman saya lari-lari ke dalam kelas *sambil melambai-lambaikan kertas* memberikan pengumuman. “Woy, temen-temen kita dapet tugas akuntansi dari bu Erlina. Bikin jurnal khusus plus rekapitulasinya ya! Dikumpulin besok, hari jum’at pas pelajaran akun.”  *glek hanya bisa menelan ludah*  trus ada yang nyeletuk, “Eh, caranya gimana yar? Kan belom diajarin, rekapitulasi caranya pegimane?”  dibalas lagi, “Udah pokoknya kita kerjain dulu aja, kata bu Er besok diperiksa bareng2, ada caranya kok di buku paket. Oh iya, mil fotokopi nih ya 38 lembar!”  *saya pun langsung mengeluarkan dompet kas* ada lagi yang bertanya, “Lah kertas kerjanya yang kayak gimana? Mana belom bikin.”  Tiba-tiba ada yang menimpalkan, “Nih!!! Gue punya, kita fotokopi aja rame2, mau gak???”  Sautan bersama, “MAU!”

Subhanallah... di sekolah, kami betul-betul diajarkan caranya menjalankan amanah, berdisiplin, dan menepati tugas sesuai deadline, bahkan yang deadlinenya gak sampe 24 jam sekalipun.

Ya Allah… Aku jadi rinduuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu.

 









Bersambung…

No comments:

Post a Comment